Minggu, 20 Januari 2013

Tips Menentukan Posisi Tidur Yang Baik

Ada sering mengalami susah tidur, atau sering terbangun dengan kondisi tubuh yang pegal-pegal? Bisa jadi, posisi tidur Anda penyebabnya. Kebanyakan orang tak mengetahui pentingnya memilih posisi tidur yang tepat. Terkadang, susah tidur adalah gejala penyakit tertentu. Dengan melakukan posisi tidur yang tak tepat, orang hanya menambah masalah dan membuat penyakit lebih buruk.
Dr Carol Ash, seorang spesialis masalah tidur memberikan beberapa prediksi mengenai posisi tidur favorit Anda, seperti dilansir oleh Today Health (16/01), berikut ini.

1. Tidur terlentang
Beberapa orang suka tidur terlentang dengan satu tangan diangkat di atas kepala. Terkadang posisi ini bisa menyebabkan mati rasa ketika terbangun. Menurut Dr Ash, orang yang tidur terlentang seringkali mendengkur, terutama ketika orang terbiasa terlentang sambil mengangkat sala satu tangan ke atas. Mengangkat tangan ke atas kepala akan membuka tulang rusuk. Hal ni kemudian menyebabkan mendengkur dan masalah pernapasan.

2. Tidur menyamping
Orang yang selalu tidur menyamping seringkali mengalami rasa sakit di bagian punggung bagian bawah. Dr Ash menyarankan agar Anda tidur terlentang, jangan terlalu sering tidur menyamping. Tidur terlentang akan menjaga posisi tulang punggung. Cara agar posisi tulang punggung tetap baik adalah dengan meletakkan bantal di bawah lutut.

3. Tidur menghadap samping ketika terluka
Posisi tidur bisa menjadi kebiasaan. Ketika Anda sudah terlalu sering tidur dengan posisi tertentu, secara tak sadar Anda akan kembali ke posisi tersebut ketika tidur. Lalu bagaimana ketika terluka? Bisa jadi posisi tidur anda membuat luka lebih parah. Dr Ash menyarankan agar Anda melindungi daerah yang terluka, seperti menyangganya dengan bantal. Dengan begitu Anda akan lebih berhati-hati untuk tidak mengenainya saat tidur.
Apakah salah satu posisi di atas merupakan kebiasaan tidur Anda? Jika iya, sekarang Anda tahu bagaimana memilih posisi tidur yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar